WELCOME TO BLOG WAHID

MY BLOG IS MY WORK MY BLOG IS MY JOB MY BLOG IS MY BUSY THIS BLOG IS MY TASK

Jumat, 07 November 2008

TIPS PERAWATAN PC

TIPS PERAWATAN PC

1. Bersihkan desktop anda - buang semua shortcut dan dokumen yang bertumpuk di desktop anda. Anda dapat menggunakan application launcher seperti Launchy untuk instant keyboard access tanpa danya gangguan.

2. Buanglah Program yang tidak dibutuhkan - buanglah program yang tidak lagi dibutuhkan, dengan uninstallation tool seperti Revo Uninstaller.

3. Bersihkan Start Up, Registry, Cookies, dan lainnya. CCleaner (singkatan dari crap cleaner) adalah PC clean up tool yang dapat digunakan untuk menambah disk space anda dan membuang file-file yang tidak dibutuhkan.

4. Rapihkan “My Documents” anda - Walaupun file search pada desktop memungkinkan anda untuk mengorganisir folder, sangat baik untuk merapihkan My document anda tanpa membuang banyak usaha.

5. Hapuslah Temporary Internet file secara otomatis - bersihkan download file anda secara otomatis, email attachtment, dan temporary internet file yang lain dengan Windows Janitor Script.

6. Lihatlah isi disk anda, dan buanglah yang tidak perlu. Kehabisan tempat pada hard disk anda, tapi tidak tahu apa yang ada pada computer anda? WinDirStat dapat menjelaskan kepada anda apa saja yang memakan tempat pada disk anda, jadi anda dapat membuangnya tanpa ragu.

7. Temukan dan hapus file yang memiliki duplikat. Jika anda memiliki folder dengan banyak sekali foto dari kamera anda, atau banyak musik yang telah dikopi beberapa kali, atau file yang telah dkerjakan oleh keluarga atau grup anda, besar kemungkinan anda memiliki duplikasi file. Temukan file yang memiliki duplikat dengan menggunakan aplikasi WinMerge.

8. White Out Disk Free Space - Jika anda menghapus data anda dari hard drive, data tersebut mungkin masih ada secara fisik pada disk dan dapat dihidupkan kembali oleh program lain. Untuk menghapus data secara permanen, gunakan aplikasi Eraser.

9. Bersihkan debu yang menempel- Jika anda pernah menjatuhkan makanan keatas keyboard anda, atau kucing peliharaan anda pernah meinggalkan bulunya pada keyboard kesayangan anda, maka anda harus membersihkan debu-debu dan benda-benda lainnya yang bersarang disana.

10. format ulang hard drive, dan install ulang windows anda. Jika semua cara sudah dilakukan dan anda belum merasa puas, jurus yang satu ini adalah yang paling ampuh: format ulang hard drive dan install ulang Windows anda.

20 KITT TOLL PRAKTIS DAN MUDAH

Untungnya, dengan sedikit upaya dan tool yang tepat, pemeliharaan dan perbaikan PC menjadi mudah untuk kebanyakan orang. Dan mendapatkan tool yang tepat tidak harus dibayar dengan tangan dan kaki; beberapa sudah Anda miliki, dan lainnya murah. Inilah tool yang kami rekomendasikan agar Anda miliki.

Tool yang Dapat Anda Pilih

Kecuali merawat banyak PC, Anda tidak memerlukan kit tool PC yang gaya itu yang harganya lebih dari US$ 50 (walaupun Standard Computer Tool Kit seharga US$ 15 buatan Belkin merupakan alternatif bagus yang murah). Malahan, daftar hardware yang harus Anda miliki tidaklah panjang.

>>TIP Obeng: Anda hanya butuh dua obeng kecil: satu dengan kepala pipih standar, dan yang satu lagi dengan kepala kembang. Biasanya kurang dari enam inci panjangnya -- dan pastikan semuanya tidak bermagnet.

>>TIP Penjepit: Penjepit mungil dengan cengkeraman yang bagus tak ternilai harganya untuk memasang dan melepas jumper dan untuk mendapatkan kembali sekrup yang hilang. Penjepit dengan ujung datar lebih berguna dibanding yang ujung runcing.

>>TIP Senter: Bahkan di ruangan yang terang-benderang, bisa saja sulit melihat kabel-kabel kecil dan konektor di bagian dalam casing PC Anda.

>>TIP Wadah komponen: Wadah kecil--lebih disukai yang berpenutup-- penting untuk menyimpan sekrup dan jumper. Cangkir plastik atau botol obat lama sudah memadai.

>>TIP Tang berujung runcing: Tang kecil berujung runcing berguna untuk merenggut bagian-bagian dan menekuk kawat dan potongan logam.

>>TIP Botol semprot: Jaga agar saluran ventilasi dan interior PC bebas debu untuk mencegah kelebihan panas. Sejauh ini botol semprot merupakan cara termudah untuk melakukannya. Botol semprot tersedia di banyak toko komputer dan elektronik dengan harga kurang dari US$ 10.

>>TIP Peranti gelang antistatik: Satu sentakan listrik statik yang bergerak antara tubuh Anda dan PC dapat memanggang sirkuit mesin. Bila Anda menambah atau melepas hardware, atau melakukan pekerjaan apa pun di bagian dalam casing PC, kenakan peranti gelang antistatik. Salah satu ujung terhubung ke pergelangan Anda, dan ujung lainnya terhubung ke tanah. Ini tersedia di toko komputer dan elektronik dengan harga kurang dari US$ 10.

>>TIP Pengencang mur dan tool khusus lain: Banyak kit tool komputer mencakupkan pengencang mur, pelepas chip, dan tool khusus lainnya. Kami anggap hal ini merupakan pemerasan habis-habisan terhadap rata-rata pengguna sebab obeng dan penjepit sudah mencukupi untuk sebagian besar pekerjaan.

Tool Yang Telah Anda Miliki

Windows menyediakan banyak utiliti dan wizard berguna untuk troubleshooting dan perawatan PC. Banyak di antaranya bisa diakses dari menu System Tools: Klik Start*Programs*Accessories*System Tools (istilah dan path yang sesuai bervariasi bergantung versi Windows Anda).

>>TIP ScanDisk: Seperti yang tergambar pada namanya, ScanDisk memeriksa hard disk terhadap fragmen file yang keliru letak dan daerah kerusakan fisik. Periksa hard drive Anda secara teratur dengan ScanDisk. Kenaikan mendadak pada jumlah program yang mengalami error bisa berarti kerusakan hard disk.

Windows XP tidak punya utiliti ScanDisk. Untuk memeriksa suatu drive di XP, klik-kanan di Explorer, pilih Properties, pilih tab Tools, dan klik Check Now pada `Error- checking`. Anda akan diberitahu bahwa utiliti itu butuh hak eksklusif ke beberapa file Windows dalam disk. Bila Windows menanyakan apakah Anda ingin melakukan pemeriksaan saat restart berikut, klik Yes kemudian OK.

>>TIP Disk Defragmenter: Defragmen hard drive secara teratur untuk menjaganya berjalan lebih cepat dan untuk meningkatkan peluang Anda memulihkan data jika drive tersebut mengalami crash.

>>TIP System Monitor: Program kecil yang luar biasa ini membantu Anda melacak banyak jenis parameter kinerja. Anda dapat melihat grafik real- time yang menampilkan available RAM, virtual memory, CPU usage, dan statistik lainnya. System Monitor terutama bagus untuk melacak sumber problem memori dan mengidentifikasi program mana yang paling membuat stres sistem Anda. (Di Windows XP, Anda bisa menemukan System Monitor dengan memilih Start*Control Panel*Administrative Tools*Performance*System Monitor.)

>>TIP System Information: Utiliti ini merupakan jembatan ke beberapa tool troubleshooting paling kuat di Windows. Pada Windows 9x, Anda akan mendapati System File Checker, Registry Checker, dan System Configuration Utility pada menu Tools di System Information. Di XP, tool di System Information mencakupkan Network Diagnostics dan System Restore.

>>TIP Manual, driver, dan software: Selamatkan segala sesuatunya! Anda mungkin dapat mengatasi problem PC dengan mengetahui satu setting utama atau nomor model, atau dengan menginstall ulang program. Manual yang dicetak mungkin menjadi satu-satunya sumber nomor telepon bantuan teknis Anda. Jangan mengira Anda dapat mendownload saja sebarang file yang mungkin Anda butuhkan kapan saja dari Internet: Sebuah file di tangan berharga dibanding dua di Web.

>>TIP Windows Resource Kit: Anda tidak perlu menghabiskan US$ 50 atau lebih untuk buku referensi Windows seukuran buku telepon itu. Anda hanya perlu berkonsultasi dengan CD Windows 9x. Di tools\reskit\setup folder, Anda akan mendapati salinan online Windows Resource Kit dari Microsoft (versi cetak harganya US$ 70). Pergilah ke Microsoft TechNet ( www.microsoft.com/technet/treeview/default.asp?url=/technet/prodtechnol/winxppro/reskit/prork_overview.asp?frame=true) untuk Windows XP Professional Resource Kit.

Tool yang Bisa Anda Gunakan Secara Gratis
Berikut ini beberapa gratisan diagnosa dan perawatan favorit.

>>TIP #1-TuffTest-Lite: Program ini memastikan bahwa semua komponen hardware PC Anda berfungsi dengan benar. Karena booting dan berjalan dari floppy-nya sendiri, program ini melampaui keterbatasan pengujian program-program diagnosis yang berjalan dari dalam sistem operasi yang kompleks seperti Windows. Versi gratis program itu punya fungsi yang lebih sedikit dibanding US$ 10 #1-TuffTest (menguji hanya 8MB RAM, misalnya).

>>TIP DisplayMate: Pertajam image monitor Anda dengan versi demo utiliti ini. Versi lengkap harganya US$ 79, namun demo mempunyai enam pola uji dan instruksi mengenai cara menggunakannya (lihat Gambar 2).

>>TIP Situs-situs Web bermanfaat: Drivers HeadQuarters di www.drivershq.com merupakan tempat yang bagus untuk menemukan update atau driver peranti yang hilang. Dan kunjungi www.utilitygeek.com untuk mencari utiliti free dan shareware lain untuk merawat dan mendiagnosa PC Anda.

Tool yang Berharga untuk Dibeli

>>TIP Norton SystemWorks 2002: Dengan US$ 70, bundel utiliti ini tidak murah, namun berisi barang bagus. Komponen yang paling penting adalah Norton Utilities, koleksi klasik program Windows dan hard-disk (lihat Gambar 3). Ketika banyak fungsi Norton Utilities dapat direplikasi dengan utiliti gratis atau murah seperti yang tercatat di atas, paket all-in-one yang menyenangkan dan ekstra seperti penjadwalan otomatis membuat Norton SystemWorks sebanding dengan harganya.

>>TIP PartitionMagic 7: Ada banyak cara mudah dan sulit untuk membuat, menghapus, dan mengubah ukuran partisi hard-drive. Program seharga US$ 70 dari PowerQuest ini merupakan yang termudah. FDISK di Windows merupakan salah satu dari beberapa alternatif pemartisi yang aktif jika Anda punya banyak waktu dan sedikit uang. Namun jika Anda butuh mendapatkan kelengkapan kerja yang cepat dan simpel, interface fasih dan operasi cepat pada PartitionMagic membuatnya menjadi pembelian yang bijak.

>>TIP Drive Image 5: Tool PowerQuest ini akan menyelamatkan Anda dari kesalahan yang Anda buat ketika menggunakan tool diagnosa PC lainnya. Drive Image 5 menyalin dan mengkompresi seluruh drive--atau lebih akuratnya, seluruh partisi--menjadi sebuah file yang dapat Anda pulihkan dengan mudah. Tempatkan file backup-nya di partisi lain, di hard disk lain, atau (di versi terbaru ini) ke disk-disk CD-R/RW. Drive Image menyalin regular files, hidden files, system files, dan boot sector sehingga Anda dapat memulihkan salinan pekerjan seluruh partisi, termasuk OS yang dapat dibooting, aplikasi, dan data.

Perkembangan Teknologi Informasi (TI) telah merubah cara hidup dan

Tips Merawat & Optimasi PC

PC Biasanya digunakan oleh home user.
Kinerja PC sama dan bahkan lebih baik dari generasi mainframe.
Kompatibilitas device sangat baik. Sedangkan harga, bentuk fisik,
aplikasi PC semakin beragam dan mudah ditemukan. Seperti alat-alat
elektronika dan otomotif, perlu dilakukan services/maintenences. Biaya
untuk itu pun tergolong mudah, murah, dan bahkan gratis.
Tahapan Tips Merawat Merawat & Optimasi PC dapat dilakukan sebagai
berikut:
Kenali sistem komputer anda, sebab informasi tersebut diperlukan disaat
service: a) lakukan Inventaris komputer, b) Cek peralatan dan aplikasi
yang digunakan, dan d) Gunakan tools untuk mngumpulkan
informasi-informasi tersebut, misalnya Sisoft Sandra, Systems Works,
dll.
Buat system boot disk penyelamat disaat emergency, sistem crash, dan
terkena virus.
Hapus file sampah sebab file-file sampah memakan tempat yang dapat
menghambat kinerja PC seperti temp, bak, cookies, Browser History, dll.
Lakukan Defragmentasi Hard Disk. Gunakan tools defragmentasi di Windows
yang berguna untuk mengatur fragmentasi pada hardisk yang terjadi pada
saat install dan unistall. Untuk mempercepat akses data dan kinerja,
lakukan hal ini secara rutin (min 1 x sebulan).
Lakukan Scandisk Hard Disk. Scandisk berguna untuk mencek kerusakan
hardisk disaat sistem setelah crash/hang. Selain itu, lakukan pula
registry checker dengan tools.
Back up data dengan cara: a) Penyalinan data secara berkala, b) Backup
system dan aplikasi (system restore), dan c) Gunakan tools khusus
(Norton ghost, drive images).
Update Virus: a) Lakukan update database antivirus, b) Lakukan scanning
secara kontinu, c) Lakukan scanning file dari tempat lain. Ada banyak
antivirus yang tersedia mulai dari yang mahal sampai dengan gratis.
Update Operation System (OS) Windows: a) Update setiap minggu Windows
Update agar PC anda terbebas dari security hole (Celah keamanan).
Periksa Voltase Listrik: a) Perhatikan tegangan voltase, b) Gunakan
Regulator tegangan, c) Jika anda memiliki uang lebih, sediakan UPS.
Hindari Debu dengan menutupi PC dengan cover khusus, sebab debu dapat
mengakibatkan kerusakan. Dan jangan melakukan kegiatan lain didepan PC.
Shutdown sesuai procedure: a) Matikan komputer dengan benar, jika
tidak, akan mengakibatkan crash pada hardisk.
Optimalisasi PC Windows
Bisa jadi, lambatnya kondisi sistem Windows disebabkan oleh banyaknya
aplikasi yang terinstall sehingga kinerja PC semakin berkurang. Untuk
mengoptimalkan PC Windows anda, lakukan hal-hal berikut:
Setting Konfigurasi BIOS: a) Setting urutan boot dengan benar, b)
Disabled ‘Quick Power On Self-Test”, c) Disabled ‘Boot Virus
Detection”.
Start UP: a) Singkirkan setting yang tidak berguna, b) Bersihkan
aplikasi dari startup, c) Matikan grafik ‘awan’ (logo) pada Msdos.sys,
Msconfig.exe (windows 9x), Boot.ini (Windoxs XP),
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Dfrg\BootOptimize = Enable. d)
Matikan suara startup.
Rampingkan Registry dengan cara: a) Peras Registry Windows: Scanreg
/opt, Scanreg /fix, Scanreg /restore.
Atur Swap Memory dengan menggunakan Swap virtual memory dan
mengoptimalkan memory pada saat kekurangan.
Nonaktifkan Services: a) Mematikan beberapa layanan untuk mempercepat
akses sistem, b) Menutup lubang keamanan: Ex = com+, IPSec, RPC, Even
log, dll.
Lakukan benchmarking untuk mengukur kemampuan PC anda: a) Lakukan tes
kehandalan performa, b) TWEAK XP, c) Gunakan tools benchmarking yang
ada, misalnya: Sisoft sandra, Dr. Hardware, PC Analyser, 3DMark 2002,
Quake 3 Arena, HDTach, DataAdvisor, dll.
Dengan merawat & mengoptimalkan PC, anda dapat melakukan
tugas-tugas dan mengerjakan semua keinginan melalui PC anda secara
maksimal dan cepat.

CARA PERAWATAN PC

Perawatan PC adalah suatu hal yang harus dikuasai bukan saja seorang administrator komputer disebuah perusahaan besar, namun kemampuan untuk merawat PC ini harus dikuasai setiap pemilik PC bahkan setiap user (pemakai) sekalipun. Karena apabila kemampuan ini tidak dikuasai maka akan menjadi masalah besar yang jelas akan memperpendek umur dari sebuah Sistem Operasi bahkan akan memperpendek umur dari hardware PC itu sendiri. Atau tingkat kenyamanan dari penggunaan PC itu akan mengalami penurunan akibat dari perawatan yang kurang baik dari pemakainya.
Perawatan PC itu terbagi menjadi dua bagian, yaitu perawatan Software dan perawatan hardware. Untuk perawan secara software akan dijelaskan dalam beberapa poin sebagai berikut :
Gunakan Software AntiVirus yang terupdate secara periodik sebagai langkah pencegahan terhadap gangguan serangan virus. Lakukan minimal setiap minggu.
Bersihkan file temporary secara berkala karena file temporary ini akan menumpuk menjadi sangat besar bahkan sampai ukuran Gigabyte. Anda bisa membersihkannya melalui disk cleanup yang disediakan oleh windows atau dengan menggunakan software lain seperti System Mechanic. System mechanic ini jauh lebih teliti dalam membersihkan file junk (sampah) namun software ini tidak gratis walaupun begitu ada versi trialnya yang dapat kita coba. Lakukan minimal setiap 2 minggu.
Bersihkan juga file yang ada di Recyclebin (tempat sampah) karena secara default Recyclebin disetting sebesar 10% dari kapasitas sebuah drive untuk menyimpan file yang sudah dihapus. Berarti apabila sebuah drive berukuran 20 Gb maka kapasitas maksimal dari sebuah Recyclebin tersebut adalah 2 Gb sebuah ukuran file sampah yang sangat besar tentunya. Lakukan minimal setiap 2 minggu.
Defrag secara berkala drive Anda, karena windows dalam menulis data di sebuah hardisk dilakukan secara acak. Dan untuk merapihkan kembali susunan file-file tersebut dengan jalan defragment. Dengan tersusunnya file-file tersebut maka kecepatan komputer untuk membaca data akan semakin tinggi. Anda bisa menggunakan defragment drive dari windows atau software lain misal voptXP sebuah tool defragment yang jauh lebih cepat dibandingkan defragment drive dari windows (untuk win 9x / Me) atau kalau untuk win 2000 / XP anda bisa menggunakan oodefragment. Lakukan minimal setiap bulan. Pasang juga software penjaga kesehatan sistem yang akan mendeteksi kesehatan sebuah Sistem Operasi disetiap detiknya seperti Norton Utilities.
Lebih baik uninstall software yang tidak terpakai karena semakin banyak software yang terinstall maka akan semakin memperberat kinerja sebuah komputer.
Apabila Anda sering terkoneksi ke internet maka jangan lupa untuk menginstall software penghapus spyware (iklan) yang mengganggu bahkan akan memperberat kinerja system sehingga memperlambat koneksi. Misalnya Ad-Aware, software ini free dan sangat tangguh untuk melakukan tugas ini.
Apabila Anda terhubung dengan jaringan dan sharing file maka berhati-hatilah dalam men-share folder penting. Usahakan untuk tidak men-share sebuah drive data atau system karena ini sangat berbahaya. Walaupun kita hanya terhubung dengan teman sekerja namun Anda sebaiknya tidak memancing sebuah tindakan yang tidak diinginkan bersama. Kalaupun harus share folder maka buatlah sebuah folder yang khusus untuk share dan apabila yang Anda share adalah file yang tidak berubah maka sebaiknya readonly saja jenis sharingnya. Dan juga jangan lupa untuk memberi password dalam men-share folder tersebut (win 9x / Me) atau silahkan edit permision siapa saja yang bisa menggunakan folder tersebut (win 2000 / XP) usahakan untuk user everyone readonly saja.

Perawatan hardware :
Bersihkan selalu komputer Anda, kalau untuk membersihkan bagian luar Anda bisa menggunakan cairan pembersih khusus untuk komputer atau dengan kain lap saja namun untuk bagian dalam Anda harus menggunakan kuas yang berukuran kecil agar dapat masuk ke bagian yang sempit. Kenapa Anda harus membersihkan komputer Anda bagian dalam ? karena apabila terlalu banyak debu yang menempel di kipas prosesor dan di headsink misalnya maka proses pembuangan panas dari prosesor akan terhambat sehingga membuat komputer bersuhu lebih tinggi yang dapat mengakibatkan sistem hang atau merestart sendiri.
Gunakan selalu stabilizer untuk menjaga kestabilan aliran listrik yang masuk ke komputer, karena listrik dari PLN tidaklah stabil sehingga dapat merusak hardware komputer kita. Bahkan kalau perlu Anda bisa menggunakan UPS apabila listrik sering mati.
Gunakan kipas secukupnya usahakan kipas prosesor anda sudah sesuai dengan jenis prosesor yang dipakai. Dan gunakan kipas sirkulasi di bagian depan sebagai pemasok udara dingin dan bagian belakang sebagai pembuang udara panas. Dan segera ganti kipas Anda apabila sudah melebihi dari lifetimenya.
Usahakan untuk selalu menutup casing komputer dengan baik jangan sampai ada hewan yang masuk misalnya cicak atau kecoak karena ini dapat berakibat fatal selain itu casing yang terbuka akan membuat debu mudah masuk. Apabila kipas sudah cukup maka Anda tidak perlu membuka casing hanya untuk membuat komputer lebih dingin.
















Tips Merawat PC


Bila bicara soal pemeliharaan, PC tidak seperti pemanggang roti. Butuh kerja keras untuk memastikan PC Anda tetap senang dan sehat: perawatan periodik, upgrade berkala, dan kadang kala penderitaan troubleshooting. Kecuali Anda cukup beruntung memiliki sepasukan profesional IT yang sangat terlatih (atau hanya ipar yang berprofesi insinyur) sebagai jalan keluar, Anda akan menjadi orang yang melakukan setidaknya sebagian pekerjaan ini.
Untungnya, dengan sedikit upaya dan tool yang tepat, pemeliharaan dan perbaikan PC menjadi mudah untuk kebanyakan orang. Dan mendapatkan tool yang tepat tidak harus dibayar dengan tangan dan kaki; beberapa sudah Anda miliki, dan lainnya murah. Inilah tool yang kami rekomendasikan agar Anda miliki.

Tool yang Dapat Anda Pilih
Kecuali merawat banyak PC, Anda tidak memerlukan kit tool PC yang harganya lebih dari US$ 50 (walaupun Standard Computer Tool Kit seharga US$ 15 buatan Belkin merupakan alternatif bagus yang murah). Malahan, daftar hardware yang harus Anda miliki tidaklah panjang.
1. TIP Obeng: Anda hanya butuh dua obeng kecil: satu dengan kepala pipih standar, dan yang satu lagi dengan kepala kembang. Biasanya kurang dari enam inci panjangnya -- dan pastikan semuanya tidak bermagnet.
2. TIP Penjepit: Penjepit mungil dengan cengkeraman yang bagus tak ternilai harganya untuk memasang dan melepas jumper dan untuk mendapatkan kembali sekrup yang hilang. Penjepit dengan ujung datar lebih berguna dibanding yang ujung runcing.
3. TIP Senter: Bahkan di ruangan yang terang-benderang, bisa saja sulit melihat kabel-kabel kecil dan konektor di bagian dalam casing PC Anda.
4. TIP Wadah komponen: Wadah kecil--lebih disukai yang berpenutup-- penting untuk menyimpan sekrup dan jumper. Cangkir plastik atau botol obat lama sudah memadai.
5. TIP Tang berujung runcing: Tang kecil berujung runcing berguna untuk merenggut bagian-bagian dan menekuk kawat dan potongan logam.
6. TIP Botol semprot: Jaga agar saluran ventilasi dan interior PC bebas debu untuk mencegah kelebihan panas. Sejauh ini botol semprot merupakan cara termudah untuk melakukannya. Botol semprot tersedia di banyak toko komputer dan elektronik dengan harga kurang dari US$ 10.
7. TIP Peranti gelang antistatik: Satu sentakan listrik statik yang bergerak antara tubuh Anda dan PC dapat memanggang sirkuit mesin. Bila Anda menambah atau melepas hardware, atau melakukan pekerjaan apa pun di bagian dalam casing PC, kenakan peranti gelang antistatik. Salah satu ujung terhubung ke pergelangan Anda, dan ujung lainnya terhubung ke tanah. Ini tersedia di toko komputer dan elektronik dengan harga kurang dari US$ 10.
8. TIP Pengencang mur dan tool khusus lain: Banyak kit tool komputer mencakupkan pengencang mur, pelepas chip, dan tool khusus lainnya. Kami anggap hal ini merupakan pemerasan habis-habisan terhadap rata-rata pengguna sebab obeng dan penjepit sudah mencukupi untuk sebagian besar pekerjaan.


Tool Yang Telah Anda Miliki
Windows menyediakan banyak utiliti dan wizard berguna untuk troubleshooting dan perawatan PC. Banyak di antaranya bisa diakses dari menu System Tools: Klik Start*Programs*Accessories*System Tools (istilah dan path yang sesuai bervariasi bergantung versi Windows Anda).
1. TIP ScanDisk: Seperti yang tergambar pada namanya, ScanDisk memeriksa hard disk terhadap fragmen file yang keliru letak dan daerah kerusakan fisik. Periksa hard drive Anda secara teratur dengan ScanDisk. Kenaikan mendadak pada jumlah program yang mengalami error bisa berarti kerusakan hard disk. Windows XP tidak punya utiliti ScanDisk. Untuk memeriksa suatu drive di XP, klik-kanan di Explorer, pilih Properties, pilih tab Tools, dan klik Check Now pada `Error- checking`. Anda akan diberitahu bahwa utiliti itu butuh hak eksklusif ke beberapa file Windows dalam disk. Bila Windows menanyakan apakah Anda ingin melakukan pemeriksaan saat restart berikut, klik Yes kemudian OK.
2. TIP Disk Defragmenter: Defragmen hard drive secara teratur untuk menjaganya berjalan lebih cepat dan untuk meningkatkan peluang Anda memulihkan data jika drive tersebut mengalami crash.
3. TIP System Monitor: Program kecil yang luar biasa ini membantu Anda melacak banyak jenis parameter kinerja. Anda dapat melihat grafik real- time yang menampilkan available RAM, virtual memory, CPU usage, dan statistik lainnya. System Monitor terutama bagus untuk melacak sumber problem memori dan mengidentifikasi program mana yang paling membuat stres sistem Anda. (Di Windows XP, Anda bisa menemukan System Monitor dengan memilih Start*Control Panel*Administrative Tools*Performance*System Monitor.)
4. TIP System Information: Utiliti ini merupakan jembatan ke beberapa tool troubleshooting paling kuat di Windows. Pada Windows 9x, Anda akan mendapati System File Checker, Registry Checker, dan System Configuration Utility pada menu Tools di System Information. Di XP, tool di System Information mencakupkan Network Diagnostics dan System Restore.
5. TIP Manual, driver, dan software: Selamatkan segala sesuatunya! Anda mungkin dapat mengatasi problem PC dengan mengetahui satu setting utama atau nomor model, atau dengan menginstall ulang program. Manual yang dicetak mungkin menjadi satu-satunya sumber nomor telepon bantuan teknis Anda. Jangan mengira Anda dapat mendownload saja sebarang file yang mungkin Anda butuhkan kapan saja dari Internet: Sebuah file di tangan berharga dibanding dua di Web.
6. TIP Windows Resource Kit: Anda tidak perlu menghabiskan US$ 50 atau lebih untuk buku referensi Windows seukuran buku telepon itu. Anda hanya perlu berkonsultasi dengan CD Windows 9x. Di tools\reskit\setup folder, Anda akan mendapati salinan online Windows Resource Kit dari Microsoft (versi cetak harganya US$ 70). Pergilah ke Microsoft TechNet ( www.microsoft.com/technet/treeview/default.asp?url=/technet/prodtechnol/winxppro/reskit/prork_overview.asp?frame=true) untuk Windows XP Professional Resource Kit.
Tool yang Bisa Anda Gunakan Secara Gratis
Berikut ini beberapa gratisan diagnosa dan perawatan favorit.
1. TIP #1-TuffTest-Lite: Program ini memastikan bahwa semua komponen hardware PC Anda berfungsi dengan benar. Karena booting dan berjalan dari floppy-nya sendiri, program ini melampaui keterbatasan pengujian program-program diagnosis yang berjalan dari dalam sistem operasi yang kompleks seperti Windows. Versi gratis program itu punya fungsi yang lebih sedikit dibanding US$ 10 #1-TuffTest (menguji hanya 8MB RAM, misalnya).
2. TIP DisplayMate: Pertajam image monitor Anda dengan versi demo utiliti ini. Versi lengkap harganya US$ 79, namun demo mempunyai enam pola uji dan instruksi mengenai cara menggunakannya .
3. TIP Situs-situs Web bermanfaat: Drivers HeadQuarters di www.drivershq.com merupakan tempat yang bagus untuk menemukan update atau driver peranti yang hilang. Dan kunjungi www.utilitygeek.com untuk mencari utiliti free dan shareware lain untuk merawat dan mendiagnosa PC Anda.


Tool yang Berharga untuk Dibeli
1. TIP Norton SystemWorks 2002: Dengan US$ 70, bundel utiliti ini tidak murah, namun berisi barang bagus. Komponen yang paling penting adalah Norton Utilities, koleksi klasik program Windows dan hard-disk (lihat Gambar 3). Ketika banyak fungsi Norton Utilities dapat direplikasi dengan utiliti gratis atau murah seperti yang tercatat di atas, paket all-in-one yang menyenangkan dan ekstra seperti penjadwalan otomatis membuat Norton SystemWorks sebanding dengan harganya.
2. TIP PartitionMagic 7: Ada banyak cara mudah dan sulit untuk membuat, menghapus, dan mengubah ukuran partisi hard-drive. Program seharga US$ 70 dari PowerQuest ini merupakan yang termudah. FDISK di Windows merupakan salah satu dari beberapa alternatif pemartisi yang aktif jika Anda punya banyak waktu dan sedikit uang. Namun jika Anda butuh mendapatkan kelengkapan kerja yang cepat dan simpel, interface fasih dan operasi cepat pada PartitionMagic membuatnya menjadi pembelian yang bijak.
3. TIP Drive Image 5: Tool PowerQuest ini akan menyelamatkan Anda dari kesalahan yang Anda buat ketika menggunakan tool diagnosa PC lainnya. Drive Image 5 menyalin dan mengkompresi seluruh drive--atau lebih akuratnya, seluruh partisi--menjadi sebuah file yang dapat Anda pulihkan dengan mudah. Tempatkan file backup-nya di partisi lain, di hard disk lain, atau (di versi terbaru ini) ke disk-disk CD-R/RW. Drive Image menyalin regular files, hidden files, system files, dan boot sector sehingga Anda dapat memulihkan salinan pekerjan seluruh partisi, termasuk OS yang dapat dibooting, aplikasi, dan data.

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda